Dalam penerapan metode Scrum dalam manajemen proyek, banyak tantangan yang dihadapi tim pengembang, manajer, dan pemangku kepentingan. Beberapa masalah yang umum muncul meliputi struktur tim yang kurang jelas, kesulitan dalam menerapkan prinsip cross-functionality, serta ketidakmampuan dalam melakukan self-management. Hal ini terutama terlihat pada situasi seperti transformasi Agile yang dimulai dari nol, atau tantangan dalam mengelola tim yang tersebar di berbagai lokasi (misalnya, developer dan tester di lokasi yang berbeda) yang dapat mempengaruhi efektivitas kolaborasi dan komunikasi. Kegagalan dalam mendefinisikan peran dan tanggung jawab yang jelas dalam tim Scrum dapat menghambat kemajuan proyek dan memperburuk ketidakpastian dalam pengambilan keputusan (Schwaber dan Beedle, 2017).
Training Scrum Project Management Case Study ini menawarkan solusi praktis dan analisis mendalam tentang berbagai tantangan yang dihadapi dalam organisasi tim Scrum, serta bagaimana mengelola masalah yang terkait dengan kepemilikan produk dan peran manajer dalam tim. Dengan membahas berbagai studi kasus nyata, seperti pengelolaan kontrak harga tetap, pemantauan pengembang yang bekerja dari rumah, serta menangani pemangku kepentingan yang tidak puas, pelatihan ini memberikan peserta keterampilan yang diperlukan untuk menangani dinamika tim Scrum yang kompleks dan memastikan kelancaran proyek.
Melalui analisis studi kasus yang melibatkan masalah nyata dalam pengorganisasian tim dan kepemilikan produk, peserta akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana menyusun strategi pengelolaan Scrum yang lebih baik, meningkatkan keterlibatan tim dalam pengambilan keputusan, serta memfasilitasi komunikasi yang lebih efektif di antara tim lintas fungsional. Selain itu, training ini juga mencakup cara membimbing pemilik produk yang kurang tegas, serta cara mengelola kekhawatiran roadmap dan tantangan dalam pemantauan pekerjaan pengembang jarak jauh.
OBJECTIVES
- Memahami tantangan yang dihadapi oleh tim Scrum dalam hal organisasi, cross-functionality, dan self-management
- Memahami cara menangani masalah-masalah yang muncul dalam kepemilikan produk dan manajemen proyek Scrum
- Mengembangkan keterampilan untuk mengatasi ketidakpastian dalam proyek besar atau proyek dengan banyak pemangku kepentingan
AUDIENCE
- IT Project Manager
- IT Manager
- System Analyst
- Business Analyst
- Programmer
PREREQUISITES
1. Scrum Project Management Fundamentals
CONTENT
Part I: Problems of Scrum Team Organization, Cross-Functionality, and Self-Management
Case 1: An Agile Transformation, Started from Scratch
Case 2: Big-Data Uncertainties
Case 3: Coders and Testers in Different Locations
Case 4: Company-Standard Story Points
Case 5: Database Dependencies
Case 6: Expanding Offshore
Case 7: The Java Nazi
Case 8: Organizing 75 New Developers
Part II: Problems of Management and Product Ownership
Case 9: Road Map Worries
Case 10: Fixed-Price Contracts
Case 11: Dealing with the Director of Engineering
Case 12: Monitoring Work-from-Home Developers
Case 13: Coaching an Aggressive Senior Product Owner
Case 14: Coaching a Spineless Product Owner
Case 15: Dealing with Unhappy Stakeholders
Course Features
- Lectures 4
- Quizzes 2
- Duration 32 hours
- Skill level All levels
- Language English
- Students 16
- Certificate Yes
- Assessments Yes