Dalam pengembangan antarmuka digital, Figma telah menjadi alat yang populer bagi desainer UI/UX karena kemampuannya dalam mendukung desain kolaboratif secara real-time. Namun, banyak desainer yang masih menghadapi berbagai tantangan dalam memahami alur kerja Figma secara efektif. Beberapa tantangan yang umum terjadi meliputi transisi dari alat desain lain, penataan elemen desain agar tetap konsisten, serta optimalisasi penggunaan komponen dan prototipe interaktif. Selain itu, pemahaman yang kurang dalam penggunaan fitur Auto Layout dan Variants sering menyebabkan desain yang tidak fleksibel dan sulit untuk diadaptasi ke berbagai ukuran layar.
Training UI/UX Design Figma Fundamentals ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai prinsip dasar desain menggunakan Figma dan FigJam. Materi yang dibahas mencakup eksplorasi fitur utama Figma, penataan moodboards dan user flows dalam FigJam, hingga pembuatan wireframe berbasis mobile-first menggunakan elemen vektor. Peserta juga akan belajar bagaimana menerapkan desain yang konsisten dengan grid, warna, dan tipografi, serta memanfaatkan Auto Layout untuk menciptakan antarmuka yang responsif. Selain itu, sesi pelatihan juga akan mencakup pembuatan komponen dan variants dalam lingkungan kerja kolaboratif serta teknik prototyping yang mencakup transisi, animasi pintar, dan komponen interaktif.
Dalam pelatihan ini, peserta akan mempelajari bagaimana menjelajahi fitur utama Figma dan FigJam, menyusun moodboards, persona, serta user flows secara efektif. Mereka juga akan memahami prinsip-prinsip desain konsisten menggunakan grid, warna, dan tipografi, serta membangun komponen dan variants untuk berbagai perangkat. Lebih lanjut, peserta akan belajar cara membuat prototipe yang interaktif, menguji dan berbagi desain di berbagai perangkat, serta mengelola proses ekspor aset dan handover kepada tim pengembang.
OBJECTIVES
1. Memahami dasar-dasar desain UI/UX menggunakan Figma dan FigJam
2. Menerapkan prinsip desain yang konsisten dengan grid, warna, dan tipografi
3. Membuat antarmuka responsif menggunakan Auto Layout dan komponen berbasis variants
4. Membuat prototipe interaktif dengan animasi transisi dan komponen dinamis
5. Mengelola dan membagikan desain melalui proses ekspor aset dan handover yang efektif
AUDIENCE
1. Developer
2. Product Designer
3. UI/UX Designer
PREREQUISITES
Tidak ada training khusus yang dipersyaratkan
CONTENT
1. Introduction to Figma and FigJam
1.1. Exploring Figma and Transitioning from Other Tools
1.2. Structuring Moodboards, Personas, and User Flows within FigJam
1.3. Getting to Know Your Design Environment
1.4. Wireframing a Mobile-First Experience Using Vector Shapes
2. Exploring Components, Styles, and Variants
2.1. Designing Consistently Using Grids, Colors, and Typography
2.2. Creating a Responsive Mobile Interface Using Auto Layout
2.3. Building Components and Variants in a Collaborative Workspace
2.4. User Interface Design on Tablet, Desktop, and the Web
3. Prototyping and Sharing
3.1. Prototyping with Transitions, Smart Animate, and Interactive Components
3.2. Testing and Sharing Your Prototype on Browsers and Real Devices
3.3. Exporting Assets and Managing the Handover Process
3.4. Discovering Plugins and Resources in the Figma Community
Course Features
- Lectures 0
- Quizzes 0
- Duration 4 days
- Skill level All levels
- Language English
- Students 0
- Certificate No
- Assessments Yes