Di tengah kebutuhan organisasi untuk memaksimalkan kinerja sistem legacy mereka, IBM i (AS/400) tetap menjadi platform andalan dalam berbagai sektor industri. Salah satu komponen terpenting dalam pengembangan aplikasi di AS/400 adalah bahasa pemrograman RPG (Report Program Generator). Seiring dengan kompleksitas bisnis yang semakin meningkat, pengembang aplikasi dituntut untuk menguasai teknik pemrograman lanjutan, mulai dari pengelolaan data numerik dan karakter, penerapan logika kontrol, hingga pengolahan file eksternal dan komunikasi antar modul program. Tanpa pemahaman mendalam mengenai teknik-teknik ini, pengembangan aplikasi pada AS/400 bisa menjadi tidak efisien dan rentan terhadap kesalahan logika maupun operasional.
EARPG Programming Advanced ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis dalam memanfaatkan fitur-fitur lanjutan bahasa RPG di platform AS/400. Peserta akan mempelajari pengelolaan operasi numerik dan karakter, penerapan kontrol logika terstruktur, penggunaan file yang didefinisikan secara eksternal, serta teknik manipulasi tabel dan array. Selain itu, materi training ini juga mencakup teknik komunikasi antar modul dan penanganan program interaktif menggunakan Display Files dan Screen Design Aid (SDA). Di akhir pelatihan, peserta akan diperkenalkan dengan teknik exception dan error handling yang efektif untuk memastikan aplikasi berjalan dengan andal dan minim gangguan.
Training ini dikembangkan berdasarkan pengalaman praktis dalam berbagai proyek pengembangan aplikasi berbasis AS/400, memberikan peserta kesempatan untuk belajar dari studi kasus nyata. Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu mengimplementasikan teknik pemrograman lanjutan dalam proyek pengembangan aplikasi AS/400, meningkatkan produktivitas pengembangan, serta mendukung organisasi dalam memaksimalkan pemanfaatan sistem AS/400 yang dimiliki.
OBJECTIVES
1. Memahami dan menerapkan RPG Specification Sequence (H, F, E, L, I, C, O)
2. Melakukan operasi numerik dan karakter secara efektif dalam program RPG
3. Menerapkan logika kontrol terstruktur, seperti operasi seleksi dan iterasi dalam RPG
4. Mengelola file yang didefinisikan secara eksternal menggunakan DDS
5. Melakukan manipulasi data menggunakan tabel dan array dalam RPG
6. Mengimplementasikan teknik komunikasi antar modul program di AS/400
7. Membangun aplikasi interaktif menggunakan Display Files dan Screen Design Aid (SDA)
8. Menerapkan teknik exception dan error handling untuk meningkatkan keandalan aplikasi
AUDIENCE
1. RPG Programmer
2. Application Developer
3. System Analyst
4. Software Engineer
5. IT Operations
6. IT Manager
PREREQUISITES
–
CONTENT
1. Introduction to RPG
1.1. RPG Programming Concept
1.2. RPG Program Cycle
2. PDM – Create and Compile
2.1. Program Development Manager
2.2. Start Source Entry Utility (STRSEU)
2.3. Compile – Create Bound RPG Program (CRTBNDRPG)
3. Program Specification
3.1. Program Specification
3.2. Control Specification (H Spec)
3.3. File Description Specification (F Spec)
3.4. Definition Specification (D Spec)
3.5. Input Specification (I Spec)
3.6. Calculation Specification (C Spec)
3.7. Output Specification (O Spec)
3.8. Procedure Specification (P Spec)
4. Arithmetic Operation
4.1. Addition ( + )
4.2. Substraction ( – )
4.3. Multiplication ( * )
4.4. Division ( / )
4.5. Exponential
5. Operation Codes
5.1. DO Loop
5.2. DOW ( Do While ) Loop
5.3. DOU ( Do Until ) Loop
5.4. IF, ELSE, ENDIF
5.5. SELECT
5.6. CASE Selection
5.7. GOTO
5.8. ITER
5.9. LEAVE
6. Indicator
6.1. Overflow Indicator
6.2. Resulting Indicator
6.3. *IN Array
6.4. Message Indicator
7. Array
7.1. Compile Time Array
7.2. Pre-Run Time Array
7.3. Run Time Array
7.4. Sorting Array
7.5. Searching Array
8. Data Structure and Data Area
8.1. Basic Data Structure
8.2. Multiple Occurrence data Structure
8.3. File Information Data Structure
8.4. Program Status Data Structure
8.5. Data Area and Data Structure
9. File Operation
9.1. Read File
9.2. Searching Record
9.3. Write A New Record
9.4. Update Record
9.5. Delete Record
9.6. Query dan SQL
10. Sub Program
10.1. Calling Sub Program
10.2. Calling Sub Program With 1 Parameter
10.3. Calling Sub Program With Multi Parameter
11. Sub File & Printer File
11.1. Create Sub File
11.2. Create Report
11.3. Design Report
12. Program Debugging & Create Application
12.1. Debug Program
12.2.Create Application
12.3. Application Access Menu
12.4. Compare RPG III and IV