Dalam pengelolaan proyek teknologi informasi (TI), berbagai tantangan seringkali muncul, mulai dari perencanaan, pengelolaan sumber daya, pengendalian biaya, hingga manajemen risiko yang selalu berubah. Hal ini dipicu oleh kompleksitas dan sifat dinamis dari teknologi yang digunakan, serta keharusan untuk selalu memenuhi ekspektasi pemangku kepentingan yang mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Keberhasilan manajemen proyek TI sangat bergantung pada kemampuan untuk mengintegrasikan pendekatan manajerial yang baik dengan pemahaman mendalam terhadap siklus hidup produk TI (Turner, 2020). Tantangan lainnya adalah kesulitan dalam menyeimbangkan pendekatan tradisional dengan model Agile, yang mempengaruhi cara pengelolaan jadwal, biaya, dan kualitas proyek.
Training IT Project Management Case Study ini dirancang untuk memberikan pemahaman menyeluruh mengenai konsep dasar manajemen proyek TI, dimulai dari proses pengelolaan proyek, pemetaan proses dan area pengetahuan, serta penerapan berbagai pendekatan seperti Predictive Approach dan Agile Approach. Pelatihan ini mencakup studi kasus nyata untuk memberikan wawasan mendalam tentang manajemen scope, schedule, cost, quality, resource, serta komunikasi dalam proyek TI. Para peserta juga akan dipandu untuk memahami manajemen risiko dan pengelolaan pengadaan, dengan aplikasi framework seperti idSE (Software Engineering) dan idDS (Data Science).
Melalui pelatihan berbasis studi kasus ini, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis solusi, serta menerapkan langkah-langkah manajerial yang tepat dalam setiap fase proyek TI. Dengan materi yang komprehensif, peserta akan mempelajari teknik-teknik terbaik dalam mengelola proyek TI dari awal hingga penutupan, sekaligus mengembangkan keterampilan untuk menghadapi tantangan yang sering terjadi dalam proyek-proyek besar di dunia TI
OBJECTIVES
- MMemahami konsep dasar manajemen proyek TI dan proses yang terlibat dalam pengelolaan proyek TI.
- Menguasai berbagai pendekatan manajerial, baik predictive maupun Agile, dalam pengelolaan proyek TI
- Mampu mengelola scope, jadwal, biaya, kualitas, dan sumber daya proyek TI secara efektif
- Mampu mengembangkan keterampilan dalam manajemen risiko dan stakeholder engagement dalam proyek TI
- Memahami bagaimana menerapkan framework manajerial yang relevan pada proyek TI menggunakan studi kasus nyata
AUDIENCE
- IT Project Manager
- IT Manager
- System Analyst
- Business Analyst
- Programmer
PREREQUISITES
1. IT Project Management Fundamentals
CONTENT
1. Introduction to Project Management
1.1. Project Overview
1.2. What is Project Management?
1.3. Program & Project Porfolio Management
1.4. The Role of Project Manager
1.5. Project Management Profession
2. Information Technology Project Management
2.1. A Systems View of Project Management
2.2. Understanding Organizations
2.3. Focusing on Stakeholder Needs
2.4. IT Project Management & Product Life Cycles
2.5. Case Study: idSE Framework (Software Engineering)
2.6. Software & Systems Engineering Laws
3. The Project Management Process Groups
3.1. Mapping Process Groups & Knowledge Areas
3.2. Case Study 1: Predictive Approach
3.3. Case Study 2: Agile Approach
3.4. Case Study 3: idEA Framework (Enterprise Architecture)
3.5. Case Study 4: idDS Framework (Data Science)
4. Project Integration Management
4.1. Developing a Project Charter
4.2. Developing a Project Management Plan
4.3. Directing and Managing Project Work
4.4. Managing Project Knowledge
4.5. Monitoring and Controlling Project Work
4.6. Performing Integrated Change Control
4.7. Closing Projects or Phases
4.8. Project Integration Management Case Study
5. Project Scope Management
5.1. Plan Scope Management
5.2. Collect Requirements
5.3. Define Scope
5.4. Create WBS
5.5. Validate Scope
5.6. Control Scope
5.7. Project Scope Management Case Study
6. Project Schedule Management
6.1. Plan Schedule Management
6.2. Define Activities
6.3. Sequence Activities
6.4. Estimate Activity Durations
6.5. Developp Schedule
6.6. Control Schedule
6.7. Project Schedule Management Case Study
7. Project Cost Management
7.1. Plan Cost Management
7.2. Estimate Costs
7.3. Determine Budget
7.4. Control Costs
7.5. Project Cost Management Case Study
8. Project Quality Management
8.1. Plan Quality Management
8.2. Manage Quality
8.3. Control Quality
8.4. Project Quality Management Case Study
9. Project Resource Management
9.1. Plan Resource Management
9.2. Estimate Activity Resources
9.3. Acquire Resources
9.4. Develop Team
9.5. Manage Team
9.6. Control Resources
9.7. Project Resource Management Case Study
10. Project Communications Management
10.1. Plan Communications Management
10.2. Manage Communications
10.3. Monitor Communications
10.4. Project Communications Management Case Study
11. Project Risk Management
11.1. Plan Risk Management
11.2. Identify Risks
11.3. Perform Qualitative Risk Analysis
11.4. Perform Quantitative Risk Analysis
11.5. Plan Risk Responses
11.6. Performing quantitative risk analysis
11.7. Monitor Risks
11.8. Monitor Risks
12. Project Procurement Management
12.1. Plan Procurement Management
12.2. Conduct Procurements
12.3. Control Procurements
12.4. Project Procurement Management Case Study
13. Project Stakeholder Management
13.1. Identify Stakeholders
13.2. Plan Stakeholder Engagement
13.3. Manage Stakeholder Engagement
13.4. Monitor Stakeholder Engagement
13.5. Project Stakeholder Management Case Study
Course Features
- Lectures 0
- Quizzes 0
- Duration 32 hours
- Skill level All levels
- Language English
- Students 0
- Certificate No
- Assessments Yes